Proses pencernaan makanan di dalam tubuh manusia

Sistem pencernaan dalam tubuh manusia yang di ciptakan oleh Allah SWT, memang sangat sempurna. Secara tidak sengaja pasti muncul bagaimana bisa begitu?, coba anda bayangkan bagaimana makanan yang masuk kedalam tubuh manusia bisa menghasilkan tenaga. Proses masuknya makanan dalam tubuh manusia untuk dicerna dengan sedemikian rupa dan menghasilkan tenaga disebut juga dengan proses pencernaan makanan. sebelum membahas lebih lanjut lagi sebaiknya kita pahami terlebih dahulu proses pencernaan makanan.

Pencernaan merupakan sebuah proses metabolisme dimana suatu makhluk hidup memproses sebuah zat, dalam rangka untuk mengubah secara kimia atau mekanik sesuatu zat menjadi nutrisi.Proses pencernaan pada tubuh manusia melalui beberapa tahap yang begitu panjang. Dimulainya dari mulut masuk tenggorokan terus ke lambung, pada saat dilambung juga terjadi suatu proses dimana makanan yang masuk tadi di ambil sari-sari makanan untuk menghasilkan suatu tenaga jika sudah selesai pengambilan sari-sari makanan akan turun ke usus dan akan di buang dengan melewati anus atau air seni. Oke setidaknya kita pahami sedikit  proses di atas, kalau sudah begitu kita sedikit bahas proses di atas lebih detail lagi. 

Proses Pencernaan Makanan Di Dalam Tubuh Manusia.
1. Mulut
Di dalam mulut makanan yang akan masuk ke dalam tubuh dihancurkan/dihaluskan oleh gigi kita menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Pada saat di kunyah makanan bercampur dengan air liur yang mengandung enzim ptyalin. Dengan menghanjurkan makanan bertujuan untuk mempermudah proses pencernaan ke tahap-tahap berikutnya.

2. Esofagus
Tidak terjadi pencernaan khusus dalam tahap ini. Makanan melewati saluran dalam esofagus. Makanan melewati saluran dalam saluran esofagus dengan sangat mudah dalam hitungan detik. Dinding saluran esofagus sangat licin karena mengandung cairan mucus yang dihasilkan sel-sel yang terdapat di dindingnya.

3. Lambung
Proses terpenting dalam lambung adalah bercampurnya makanan dengan getah lambung yang bersifat asam. Disini juga terjadi percampuran makanan oleh gerakan kontraksi lambung ,proses percampuran dengan asam lambung mengakibatkan makanan menjadi cair dan lebih hancur.

4. Usus Halus
Didalam usus halus ini proses pencernaan dan penyerapan zat-zat makanan sebagian besar berlangsung. Proses pencernaan karbohidrat  dilanjutkan kembali disini, pokok dari pencernaan karbohidrat adalah memecah molekul karbohidrat menjadi monosakarida yang bisa diserap usus masuk di peredaran darah. Pencernaan protein sebagian besar terjadi di usus bagian atas diawali pengaruh enzim proteolitik yang dihasilkan dari pankreas. Protein sebagian sudah dipecah di dalam lambung dipecah kembali oleh enzim dari pankreas yaitu tripsin,kemotripsin,tripeptida, dan asam amino tunggal.

5. Usus besar
Pencernaan zat makanan sudah tidak ada lagi dalam usus besar, yang ada hanya penyerapan air dan elektrolit. Dalam usus besar terdapat bakteri yang dapat mencernakan sebagian selulosa untuk nutrisi bakteri itu sendiri. Aktivitas bakteri itu membentuk beberapa vitamin K,B12,tiamin,gas-gas karbondioksida,hidrogen dan metana.

Semoga dengan penjelasan mengenai proses pencernaan makanan dalam tubuh manusia ini bisa memberi tambahan informasi dan tolong share ya buat sahabat-sahabat lainnya. Jangan lupa baca juga artikel Cara Menumbuhkan Rambut Yang Botak yang sudah saya tulis sebelumnya. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca atikel saya dalam Blog : >> Pusatnya Ilmu

1 Response to "Proses pencernaan makanan di dalam tubuh manusia"

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID Terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan. ...
    See More
    Qqtaipan. Org | Qqtaipan. Net | Taipanqq. Vegas
    - you can't fight.
    Don't delay your playing victory! IMMEDIATELY REGISTER THE USER ID & play the good card.
    With minimum deposit only rp 20.000,-
    1 USER ID CAN PLAY 8 games.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker
    • BandarSakong
    • Bandar66
    We'll also make it easier for you to create an id with registration for free.
    For The Depot & withdraw process is handled by
    Our customers are professional and friendly.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    You can also play it via Android / Iphone / Ipad
    For more information please contact cs we-Online 24 hours!!
    • of: + 62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    ReplyDelete