Penjelasan Pengertian Penjualan dan Sistem Penjualan.

Dalam bidang usaha untuk mencapai suatu keuntungan di butuhkanlah suatu penjualan baik itu penjualan dalam bentuk barang maupun penjualan dalam bentuk jasa. Bila di kaitkan dengan suatu produksi faktor penjualan sangatlah mempengaruhi, mengapa bisa demikian dikarena dalam suatu usaha dengan adanya produksi maka di butuhkanlah penjualan. Kita ambil contoh suatu perusahaan/pabrik memproduksi barang dan di promosikan/dijual ke orang lain bisa toko,mall,super market dll, maka di situlah terjadi ada penjual dan ada pembeli. Jika sudah faktor tersebut sudah terlaksana maka dapat di hasilkan suatu keuntungan/laba.

Apa siihh pengertian penjualan ?

Penjelasan mengenai pengertian penjualan ialah sebuah transaksi dilakukan dua pihak atau lebih antara satu orang ke orang lain dengan pembayaran yang sah yang menghasilkan suatu pendapatan atau kita jabarkan lagi secara luas pengertian penjualan ialah sebuah aktivitas yang bertujuan untuk mencari pembeli / mempengaruhi konsumen agar terdapat suatu transaksi yang dilakukan oleh kedua pihak dengan alat pembayaran yang sah dan saling menguntungkan bagi kedua pihak tersebut.

Adapun pendapat yang di keluarkan oleh beberapa ahli ilmu yang berbeda-beda tetapi mempunyai arti yang sama. Berikut pengertian penjualan menurut para ahli :
1. Henry Simamora
Pengertian penjualan ialah pendapatan lazim dalam perusahaan dan merupakan jumlah kotor yang dibebankan kepada pelanggan atas barang dan jasa.

2. Choirul Marom
Pengertian penjualan ialah Penjualan barang dagangan sebagai usaha pokok perusahaan yang biasanya dilakukan secara teratur.

3. Rhonda Abrams
Pengertian penjualan merupakan suatu aktivitas yang berinteraksi secara langsung dengan konsumen untuk memperoleh pesanan atau penjualan secara langsung.

4. Kholish Mahyuddin
Pengertian penjualan adalah kegiatan yang bertujuan agar produk yang kita tawarkan kepada konsumen bisa terbeli.

Begitu juga ada beberapa syarat dalam melakukan penjualan yaitu :
  • Ada barang atau jasa
  • Ada Penjual dan Pembeli
  • Proses Penjualan (Dalam arti bisa transaksi penualan ataupun promosi barang)
  • Modal (Bisa Modal kecil atau besar)

Terus Tujuan dari Penjualan Apa ? 

Tujuan penjualan ialah :  Yang paling utama menawarkan/memperkenalkan suatu barang /jasa kepada konsumen agar lebih dikenal dan bisa menghasilkan keuntungan/laba (Dalam arti ini jika barang atau jasa kita lebih dikenal konsumen maka semakin besar minat konsumen terhadap barang/jasa kita maka dari situlah kita mendapatkan suatu keuntungan.) .

Pengertian Sistem Penjualan. 

Jika kita sudah lebih mengenal mengenai penjualan diatas maka kita lanjut ke tahap berikutnya yaitu mengenai sistem penjualannya. Jadi antara penjualan dengan sistem penjualan itu sangat berhubungan, maka setelah menganalisa suatu penjualan kita bisa menerapkannya di sistem penjualan (disini sistem penjualan yang saya maksud adalah dalam tahap memperkenalkan produk anda kepada konsumen). 

Sistem Penjualan itu sendiri adalah suatu sistem yang saling berhubungan (penjual dengan calon pembeli) melalui prosedur-prosedur serta sarana pendukung  untuk menghasilkan sebuah informasi pemesanan dan terjadinya suatu keseriusan dalam bertransaksi.

Sistem penjualan yang bisa di ambil contoh adalah sistem penjualan berbasi web yaitu :
E-Commers adalah konsep baru yang mengambarkan proses pembelian dan penjualan, pertukaran barang,jasa ataupun informasi melalui jaringan komputer termasuk dengan internet.

Dengan semakin modernnya dunia ini semakin berkembangnya alat pendukung beserta fitur-fitur di dalamnya. Sebut saja memperkenalkan produk kita di dalam facebook, dengan begini produk lebih cepat di kenal dan tentunya berkesempatan terjadinya transaksi jual beli. Jadi pada intinya untuk menciptakan sistem penjualan tergantung kita sendiri mau di model gimana atau yang seperti apa, yang terpenting tidak melanggar norma-norma yang ada.

Demikianlah sebuat artikel dari saya semoga artikel di atas bisa menambah wawasan anda. Jangan lupa sebarkan artikel ini http://pusatnya-ilmu.blogspot.com/2014/01/penjelasan-pengertian-penjualan-dan.html kepada sahabat ataupun keluarga untuk menjali persaudaraan. Terimakasih sudah mampir di blog saya. Pusatnya Ilmu  >> Salam Sukses..

1 Response to "Penjelasan Pengertian Penjualan dan Sistem Penjualan."

  1. Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami
    LegendaPelangi.com
    Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^

    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami
    -BBM : 2AE190C9
    -Loginsite : Legendapelangi.com

    ReplyDelete